Minggu, 25 September 2011

Kota PahLawan dan PerjaLanan'ku


      Tanda seatbelt sudah mati, itu tanda’nya penumpang sudah dipersilahkan untuk bersiap2 meninggaLkan badan pesawat. Dengan nervous setengah hidup aku menuruni tangga pesawat, gugup karena ini kaLi pertama aku ke Surabaya sendiri, gugup takut nyasar di daLam Bandara Juanda yang tentu’nya Lebih besar dari rumah’ku...

      Dengan mantap menjejakan kaki di aspaL Bandara, ceLingak-ceLinguk, dengan tampang sok cooL, diLengkapi dengan tas seLempang yang meLingkari pundak, kacamata putih yang menggantung di depan dada, sepatu juga ceLana panjang yang di Lipat aLa Korea gitu. Pokok’nya turun dari pesawat udah serasa kayak Boyband dari Ethiopia, hahahahahaa...

      SeLesai ngambiL barang dari entah-apa-itu-nama’nya tempat barang berjaLan, aku menunggu jemputan dari seorang teman yang memang udah stay di Surabaya. Tiba-tiba...

      “Mas, naik Taksi saya aja...”
      “Ga mas,makasih. Emank mas pikir saya cowok apaan??”. SambiL senyum keLipat...

Datang yang Lain...
      “Mas, mau kemana...?? naik taksi saya yuk...”
      “Ah, bapak mau tau aja. Pasti bapak mau ngerampok saya yea..?? ayo ngaku”
Bapak’nya Langsung pergi...

Datang supir taksi Lain dengan kepaLa botak di sertai perut buncit’nya...
       “Naik taksi saya aja mas, adem Lho..”
       “tidak, jangaaann. Jangan paksa saya. Aku ternoda. Nikahi saya, nikahi saya..”
Langsung Lari tunggang Langgang deh tu supir taksi...
Apa daya, pergi satu datang Lima...

       Oh em ji. Ada yang keukeuh nawarin Taksi dari yang bLue bird sampe ke ojek Payung, dari tukang Pizza sampe ke tukang gorengan, dari musim Duren sampe musim Rambutan tak jua teman’ku datang menjemputku. Enyaaakkk... Babbeee... Aye kaga tau mesti ngapaen neh...

       SeteLah Perang Dunia ke XVII seLesai, baruLah tampak dari kejauhan seorang yang ga asing Lagi bagi’ku. Yap, dia teman’ku yang udah janji mau jemput. Akhir dari penantian’ku, akhir’nya sampaiLah diri’ku yang Lecek ini merebahkan diri di suatu benda yang empuk, kaLau aku sih biasa nyebut tu benda dengan sebutan kasur, ga tau deh buat teman-teman manusia’ku yang Lain...

       Kurang Lebih satu mingguan di kota PahLawan ini, banyak tempat dan banyak haL yang ku temui. Juga banyak yang ga bisa ku ceritain meLaui kata-kata. Pokok’nya AMAZING deh...

       Sehari sebeLum kepuLangan’ku ke Jakarta aku pesan tiket Kereta Api dengan pemberangkatan dari Stasiun Pasar Turi, Lumayan dapat tiket promo, dapat yang Eksekutif puLa hahahaha. Menurut’ku perjaLanan dengan Kereta Api itu Lebih ada seni’nya, Lebih menikmati perjaLanan, dan Lebih hemat *untung dapat tiket promo, hahaha...

       MaLam terakhir di kota ini, ku habiskan jaLan-jaLan keLiLing kota. Yah, LumayanLah buat sayang-sayangan bentar sama ini kota, hehehehe... . Hampir tengah maLam kami baru puLang, itu pun karena ku paksa puLang, kan aku besok mau berangkat puLang ke Jakarta jadi harus tidur cepat supaya bisa bangun cepat juga...

       Waktu keberangkatan yang tertera di Tiket adaLah 08.00 WIB. Hmm, aku harus bangun 1 jam dari jadwaL agar bisa siap-siap tanpa kekurangan sesuatu apapun. Tapi, ingin memeLuk gunung apa daya tangan tak sampai...

Mata’ku terbuka secara tiba-tiba...
Jrrreeeennngg...
PukuL 07.32 WIB...
Ohhhmaaaeegooooddddd. Keretaaa Appiiiiii... Tuuunngggguuu aakkuuuu.... !!

        DaLam sepuLuh menit, aku sudah siap berangkat. TANPA MANDI. Sekejap saja aku sudah berada di Stasiun Pasar Turi. Benar-benar serasa kayak mimpi, kayak’nya beberapa menit LaLu aku baru tersadar dari tidur maLam’ku, sekarang sudah menyeret koper keramat’ku dengan sembiLan nyawa masih kocar-kacir ga jeLas...

         Ini kaLi kedua aku naik kotak-besi-berjaLan ini, tapi tetep aja ini pertama kaLi’nya aku sendirian meLakukan perjaLanan naik kotak-besi-berjaLan ini, apaLagi Surabaya-Jakarta yang kata mbak di Loket tiket’nya itu bakaL ngabisin waktu sekitar 12 jam perjaLanan...

         Dengan perpisahan yang sesingkat-singkat’nya akhir’nya aku berpisah juga dengan teman’ku dan kembaLi meneruskan perjaLan’ku ke Ibukota. CeLingak-ceLinguk mencari nomor gerbong yang bakaL ku tumpangi. DAPAT. Tenang dikit deh hati’ku yang semenjak bangun tidur sudah gundah guLana ini...

         Ku pikir aku bakaLan bete daLan 12 jam perjaLanan ini, ternyata jauh dari yang ku bayangkan. Ada WIFI. Yiiihhhaa... OnLine gratis deh gue. Facebook-an, Twitter-an, Heello-an, emaiL-an, nge-bLog, buka Youtube, baca komik onLine, mancing, panjat tebing, renang di air yang keruh, Pokok’nya semua yang bisa ku kerjain, ku kerjain pakai ini Laptop deh. Untung aja ga da barang-barang yang ketinggaLan di Surabaya. TENANG...

          Ga terasa waktu sudah menunjukkan pukuL 17.49 WIB, sampaiLah aku di Stasiun Jatinegara Jakarta Timur. KaLi ini aku percayakan perjaLanan’ku dengan menaiki taksi bLue bird, meLayang Lah duit’ku Rp 75.000, itu harga sudah meLaLui proses tawar menawar di meja hijau. HUFT. Ga apa Lah yang penting cepat sampai kost tercinta...

          Kangen juga dengan suasana hiruk-pikuk Jakarta, kangen kehidupan kost, kangen sibuk dengan tugas-tugas kuLiah, sibuk sana, sibuk sini. Hidup Lebih berasa, berasa Lebih...

          IniLah akhir perjaLanan Liburan’ku kaLi ini. Jantung’ku sudah ga perLu gugup Lagi takut nyasar, di cuLik orang, di juaL terus di kirim ke MaLaysia atau Arab Saudi, hidup 10 tahun sebagai pekerja kasar dan berakhir di bawah setrika panas atau sayatan pisau di sekujur tubuh muLus’ku ini...



Jakarta, It’s in me...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar